Visitor

Kamis, 28 Juni 2012

Misteri Tahu yang hilang

Gue gak pernah bermimpi buat jadi detektif. Emang sih, gue suka baca komik Conan. Tapi gue ga pernah mikirin buat jadi detektif, sama sekali. Tapi gue pernah jadi detektif dadakan, dan pengalaman ini bakal selalu gue inget.
Hari ini jadwalnya gue outing ke Puspiptek sama anak anak 8-7 (Esvanuro). Gue semangat banget hari ini. Saking semangatnya, gue tidur jam setengah sembilan dan bangun jam 4. Pas bangun, gue gak tau harus ngapain, jadinya gue tidur lagi sampe jam setengah enam. Intinya, gue terlalu bersemangat.
Dan seperti yang gue kira, pas outing tuh nyenengin banget. Walaupun bikin capek dan ngantuk, banyak pengalaman baru yang bisa gue kenang. Salah satunya, kasus tahu yang hilang.

Awalnya, Bila dan Amira ngebawa tahu 2 kotak. Isinya masing-masing kalo gak salah 15, jadi totalnya 30. Rencananya tahu-tahu itu bakal dibagiin ke temen-temen sekelas pas Ishoma (Istirahat, Sholat, Makan).
Lab pertama yang gue kunjungin di puspiptek itu lab Bio-Teknologi. Di sini gue capek banget. Apalagi pas ke tempat tumbuhan di-stek. Itu panasss banget. Gerah. Mana minuman gue gak dingin lagi. Untung gue gak mati. Maklum lah, gue mahh udah biasa #songong. kan tiap hari gue nyari ikan di pantai #boongbanget. Gue anak baik lah bantuin orang tua gue kerja. Tar dulu, orang tua gue bukan nelayan lohh... ayah gue kerja di Indosat, ibu gue di bank #curcol. Terus kenapa gue harus nyari ikan? Gue juga ga tau. Siapa sih yang buat ni cerita, aneh banget. udahlah. Stop.
Akhirnya selesai juga observasi di lab bioteknologi nya. Gue semangat banget pas masuk ke minibus. Tiba-tiba, Bila, sahabat gue, memasang muka kaget sambil megang salah satu kotak tahu. “Mir, Sas, tahunya ilang dua!” seru Bila kaget. Gue melongo tidak percaya. Entah tahunya yang jalan, entah dimakan sama orang. Tapi kemungkinan pertama rada rada abstrak gitu dehh.. jadi kemungkinannya, dicuri. Oke biar lebih dramatis kasih sound effect yaa. Udahlah daripada mulai ngelantur, mari kita lanjutkan.
“Oh iya” kata Amira. “Siapa yang makan?!!” tanya gue bingung. Bila terdiam. Amira terdiam. Merasa dikacangin, gue juga terdiam. Tiba-tiba mereka berdua ngakak. Gue juga ngakak, padahal gue ga tau kenapa mereka ngakak. “Hahaha kok bisa ya?” tanya Amira. “Kita harus selidikkin nih” usul Bila. “Bener. Kita gak bisa tinggal diam.” Kata gue. “Gak mungkin anak-anak kelas 8-7 yang makan, kan dari tadi kita semua ke lab” kata Amira. “Iya. Jadi siapa dong?” tanya gue. “Gak tau. Ya udahlah, Cuma ilang 2 kan?” kata Bila. Gue dan Amira mengangguk. Di perjalanan, gue melamun. Ada beberapa kemungkinan di otak gue. Yang pertama, dimakan kucing. Yang kedua, dimakan setan. Yang ketiga, dimakan supir bus. Tunggu tunggu, jangan jangan dimakan supir bus lagi? Entahlah.
Lab selanjutnya yang gue kunjungin yaitu LAGG, atau laboratorium aero gas-dinamika dan getaran. Di sini tuh enak udaranya, dingin. Pas orangnya lagi presentasi, gue hampir ketiduran. Ngantuk banget rasanya, apalagi suasananya tenang, udaranya dingin lagi. Enak banget rasanya, beda jauh sama Lab bio teknologi. Tapi ga enaknya, setiap gue mau tidur, guru guru langsung melirik tajam ke gue. Aduhh mereka tau aja sih gue mau tidur? Gue mulai meragukan profesi mereka. Jangan-jangan, mereka paranormal yang nyamar jadi guru lagi? Harus gue selidikkin. Tapi lebih penting nyelidikkin tahu yang hilang sih.
Abis dari lab ini, gue dan yang lain kembali ke minibus. Pas gue naik, tiba-tiba ada sesuatu yang mengagetkan gue. Bila dan Amira juga sama kagetnya. Tau gak kenapa? TAHUNYA ILANG LAGII!! Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ)  (pake sound effect). Dan kali ini bukan Cuma 2 tahu yang ilang, tapi 4! Meningkat 2 kali lipatnya! Total tahu yang ilang, 6. “Gak mungkin kita biarin” kataku. Bila dan Amira masih ngakak. “Pasti yang ngambil supir bus nya” Tebak gue. “Hahahaa iya kali” kata Bila. “Ilang 2 lagi ya?” tanya Amira. “Empat!” jawab gue dan Bila. “Eh, 3 deng” kata Amira. “4” debat gue dan Bila. “ih, kan satu, dua, tiga. Tuh 3” kata Amira membantah. “EMPAT” debat gue dan Bila. “TIGA” debat Amira. Akhirnya kita bertiga berdebat. Hasil debatnya, tahunya ilang empat. Kalo gue jadi Amira, pasti malu banget. Gue bakal pura-pura pake topeng terus teriak “WOOY GUE SEBENERNYA BUKAN AMIRA!! GUE ADALAH SPIDERMAN! HUAHAHAHAA”. Tapi, karena takut dituntut sama Spider man yang asli, jadi gue urungkan niat untuk jadi Amira (dan spiderman). Loh emang siapa yang mau jadi Amira? Ihh sotoy.. Orang gue mau jadi diri sendiri gue sihh.. Woo.. #abaikan.
Perjalanan pun dilanjutkan. Di minibus, gue mikir mikir. “Kalo sebelumnya ilang 2, sekarang ilang 4, berarti nanti.. 4 kali 2 berapa ya? *ngitung*.. 8. Masa tahunya ilang 8?? Bisa bisa gue ga kebagian dong.__.” pikir gue. Minibus berjalan dengan cepat. Rencananya mau Ishoma. Pas sampe di tempat Ishoma, kita semua turun. Nah, di sinilah terjadi sesuatu yang menakjubkan. Tiba-tiba, pas Bila mau ngebawa turun kotak tahunya, sang supir bus nyamperin gue dan Bila. Gue udah mau nyodorin tangan sambil bilang “Swiper jangan mencuri!”, tapi supir bus keburu angkat bicara (Ngapain sih bicara di angkat-angkat? Mending juga angkat Barbel #abaikan). “Tahunya ditinggal aja dek” saran supir bus. Gue dan Bila melongo. “Kan di sana udah ada banyak makanan, tahunya ditinggal aja” ulang supir bus. Gue dan Bila bertatapan, lalu langsung berlari menuruni minibus menuju Amira. Gue dan Bila lari dengan bersemangat, layaknya dikejar anjing. Gue lari karena takut tahunya dirampas. Gue bener-bener pengen nyobain tahu itu. eh bukan, gue lari karena pengen menyampaikan laporan ke Amira.
“Mirr” panggil gue dan Bila berbarengan. Amira menoleh. “Lapor agen” kata gue memulai. “Masa tadi si supir bus nyuruh kita ninggalin tahunya. Ketauan tuh pasti pingin makan” kata Bila melanjutkan. “Iya Mir bener.. mau banget tuh tahunya ditinggal” lanjut gue. “Iya? Ya ampuun” kata Amira. Gue, Bila, dan Amira pun melanjutkan obrolan layaknya ibu-ibu komplek yang sedang ngegosip. Akhirnya kita nyelesain obrolannya karena takut dikira ngegosip. Nanti gini lagi percakapannya:
“Ngomongin siapa Mir, Bil, Sas?”
“Supir minibus”
“Hah? Jadi lo semua suka sama supir minibus??!! Ya ampun kok bisaa??”
Dan besoknya tertempel foto gue, Amira, Bila, dan supir minibus dengan judul “Cinta lokasi di Puspiptek” atau “Cinta bersemi dalam minibus”.
Gue langsung menggelengkan kepala kuat-kuat. Hii jangan sampe deh.
Jadi akhirnya, Gue memakan tahu dengan riang gembira. Bila juga. Amira juga. Gue lirik ke kiri, si supir bus ngeliatin gue. Gue bales ngelirik, eh dia malingin muka  ¬_¬  Gue lanjutin makan tahunya. Walaupun pedes, tapi gue seneng banget sama tahu itu, soalnya tahu itu ngasih banyak pengalaman ke gue. Thanks so much tahu J semoga kita bertemu lagi ya di akhirat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar