Visitor

Sabtu, 21 Juli 2012

Kehidupan SMP

Pernah gak ngerasa pusing di hidup yang sekarang? Ngerasa hidupnya ribet seribet-ribetnya ribet? Ngerasa bingung, suntuk, labil, dan badmood? Ngerasa depresi dan stres? Gue sih sering. Maklum ya gue kan masih SMP. Keluhannya ya gitu. PR numpuk, bentar-bentar ulangan, nilai jelek, rata-rata turun, males sekolah, takut dimarahin guru, dan lain-lain. Sampe masalah cinta juga sering. Walaupun masalahnya ga seserius anak SMA dan Kuliah, tapi tetep aja cyn, masalah cinta mahh sakit broo. Gimana sih rasanya ditolak cowok/cewek yang kita suka mati-matian? Gimana rasanya kalo cowok/cewek yang kita suka tuh sukanya sama orang laen? Gimana rasanya kalo diputusin pacar kita yang sangat sangat kita sayang? Sakit kan? Yaah begitulah kira-kira. Jangan kira urusan SMP tuh ga ribet looh.. Belom lagi masalah persahabatan dan pergaulan. Fitnah lah, digosipin lah, disindir di twitter lah, dipermalukan lah, dimusuhin lah, dibenci sahabat lah, dan lain-lain. Berat ga sih kehidupan SMP? Walaupun gak seberat SMA dan Kuliah, tetep aja menurut gue kehidupan di SMP itu ga semudah SD.
Dulu pas SD, perasaan gue gak pernah mati-matian belajar kayak waktu di SMP ini. Nilai jelek, bodo amat. Masih bisa diulang. PR ga ngerjain, bodo amat. Guru bisa diajak toleransi. Kalo pas SMP? Malu kalo dapet nilai jelek. Ulangannya ribet, kalo diulang malah tambah ribet. PR numpuk. Ulangan terus mengejar. Apalagi gue, kelas akselerasi. Itu ga enak. Sehari tuh PR bisa nyampe 5 kali. Dan PR nya tuh gak gampang. Bahkan ya, pas liburan sekolah pun, kelas gue masih dikasih PR. Ngebuat maket/miniatur pesawat lah, nulis laporan perjalanan lah, dan PR matematika. Lo bayangin, gue yang niatnya pengen santai santai di liburan, malah dilanda kesengsaraan akibat PR. Mending PR nya gampang. Ini? Suruh buat maket pesawat.
Terus pas SD tuh ada waktu 5 tahun di mana beban terasa amat ringan.. Pas SMP? Cuman 2 tahun dan itupun terasa berat juga. Udah gitu banyak tes lagi. RSBI lah, inilah, itulah haduuhh pusing dah gue. UN nya digosipkan 2 kali lagi! Yang satu UN normal, yang satu UN RSBI. Gila gue lama-lama. UN aja dibikin ribet ya, make 2 kali segala. Beuhh mati juga dah gue.
Pokoknya kehidupan dulu tuh enaak banget. Apalagi pas TK. Ga usah mikirin PR, ga usah mikirin ulangan, ga usah mikirin cowok, dan laen laen. Kayaknya tuh hidup bebas, ga ada beban. Masa masa kelas 1-5 SD juga enak. Ga usah mikirin ujian ini itu. Aduuh bebas lah pokoknya. Gue pengen banget dah balik ke masa lalu. Saat semua terasa mudah.
Kehidupan SMP tuh rada keras. MOS nya aja udah keras. Terus harus mandiri. Gue mahh waktu SD lemah banget, ada masalah ngadu ke ortu atau ke BP. Kalo sekarang? Malu brohh.. Paling ngadunya ke temen atau cowok doang.. Curcol gitu deeh. Gue aja waktu punya masalah seperti disindir di twitter , gue tuh nyimpen masalahnya sendiri dan paling gue curcolin ke sahabat-sahabat gue dan cowok gue. Lagian kalo gue ngadu ke ortu palingan mereka gamau bantu. Harus mandiri cyn, udah SMP.
Yaah begitulah kehidupan SMP. Yaah mungkin berat, tapi mau gimana lagi. Ga mungkin kan gue di SD terus, gapindah pindah. Semakin jenjang pendidikan bertambah, semakin bertambah pula kemandiriannya dan semakin matang jiwanya. Eeeaaa.. Jadi buat kalian yang tertekan gitu di SMP, sabar yah :”) Badai pasti berlalu kok. Lalui aja dengan percaya diri yang tinggi! Babayy!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar