Visitor

Selasa, 17 Juli 2012

People Change


Malem ini hujan. Cocok banget buat bergalau. Sekarang udah jam sebelasan (jam di blog gue eror, aslinya jam 11 malem). Gue tiduran di kasur sambil melamun. Mikirin apa? Ga mikirin apa apa. Gue Cuma menatap kosong langit-langit kamar gue (Cyaaa gayanya).  Lalu pikiran pikiran dan kenangan kenangan mulai memasuki otak gue. Dan gue baru menyadari, banyak orang yang udah berubah. Banyak banget perubahan yang gue alami di SMP ini. Dan ada beberapa yang bikin gue seneng, ada beberapa yang bikin gue sedih.
Nyenenginnya misalnya, sahabat baru gue. Gue nganggep dia ‘sahabat’. Tapi gue gak tau dia nganggep gue apa (Miris lo. Sabar ya Sas. Eh kenapa gue harus sabar? Oke abaikan). Namanya Beol. Eits jangan mikir macem macem. Dia manusia. INGET, DIA MANUSIAAA!!!! Sampe lu mikir macem macem awas aja ya. Nama lengkapnya Nabilla Octalitanti, dipanggilnya Beol. Kayaknya nama panggilannya rada sedikit menyedihkan, jadi gue panggil dia Bella aja deh :”) . Bella itu anak pindahan, yang masuk SD Albesd (Al-Azhar BSD) pas kelas 4. Gue tau mukanya, tapi gue ga ‘mengenal’ dia. Sama sekali enggak. Gue ga pernah ngobrol sama dia sekalipun sekatapun sekalimatpun bahkan sehurufpun. Dan gue juga ga peduli. Gue udah punya temen, dia udah punya temen, ngapain kenalan? Waktu berlalu sampe gue kelas 6 SD. Saat yang indah, karena merasa senior. Tapi saat yang menyedihkan, karena UN menanti di depan mata. Karena UN mau tiba (Now playing: UN mau tiba, UN mau tiba, Hore Hore Hore HORE! Keluarkan tas dan bukumuuu... lupakan saat mainmu.. UN mau tiba. UN mau tiba. Hatikuuu sengsaraa~). Oke nyanyian tadi abaikan. Karena UN mau tiba (Now playing: UN mau ti.. STOP! BERISIK LO DIEM AJA). Mari kita ulang. Kali ini gue pastikan gak akan ada yang menganggu. Karena UN mau tiba, gue jadi ikut bimbel di Bintang Pelajar. Gue lupa itu hari apa, yang jelas hari itu membuat gue ngobrol sama Bella. Karena gue datengnya terlalu awal, gue duduk di kursi sambil bengong. Tiba-tiba Bella menghampiri gue. “Hai, lu pelajaran apa hari ini?” tana Bella. “Matematika” jawab gue. Lalu kita pun mengobrol walau cuma sebentar, 3 menit kayaknya. Ya, itu kalimat pertama yang gue dan Bella lontarkan. Dan tetep aja, gue ga ‘mengenal’ dia. Cuma sebatas tau nama, tau muka, dan pernah ngobrol. Tapi sekarang? Gue dan Bella sekelas di kelas CIBI. Gue dan dia sama-sama bergabung di grup OTRA (dOuble Triple A) yang anggotanya bellA, amirA, saskiA (gue), bilA, fildzA, dan firdA. Liat, huruf terakhirnya A semua. Dan lagi, gue dan dia sama-sama sering curcol. Dia pernah pacaran sama seseorang yang bernama Azhar, dan gue support banget. Gue jadi tumpangan curcol mereka, gue bantuin nengahin kalo mereka berantem, dan lain-lain. Itulah perubahannya. Dulu gue dan dia ga saling ‘mengenal’. Dan sekarang, sangat ‘mengenal’.
Yang nyenengin lagi, gue yang selama ini rada ga-mau-ikut-campur-urusan-orang sekarang jadi kepo maksimal. Tapi keponya ga keterlaluan kok, orang yang gue kepo-in juga sering/pernah curcol ke gue. Jadi percakapannya ga terlalu kepo seperti ini: “A, lo udah putus??!! Sekarang suka sama siapa??!!” “Sejak kapan gue dipanggil A? Gue kan B. Udah gitu sok sok jadi temen gue lagi. KEPO” ... Tapi seperti ini: “A, lo masih suka sama C?” “jangan comel ya” “Yo curcol aja gapapa kok” “Iya gue masih suka”. Nah itu kan mendingan. Jadi gue udah jadi tampungan curcol banyak orang. Dan kadang itu ngerepotin gue. Misalnya A suka sama B. C juga suka sama B. Nah loh mau nyomblangin yang mana? Bingung bingung. Dan perubahannya lagi, selain gue kepo dan jadi tampungan curcol, gue juga mulai menyadari dan menyenangi bakat dan hobi baru gue (gayanya) yaitu “Nyomblangin Orang”. Gue pernah gagal, pernah berhasil. Pernah juga nyesek, soalnya orang yang gue comblangin tidak-langgeng-sama-sekali, sebut saja namanya Farah dan Rivan, biar ga diketahui pake nama palsu tuh (padahal emang bener namanya Farah Rivan). Yah itu salah satunya. Bila juga pernah ga langgeng, Beol juga, de el el. Tapi gue tetep seneng sama hobi gue yang satu ini. Walau kadang ribet, misalnya bingung mau nyomblangin yang mana. Atau engga kayak sekarang yang gue alamin, nyomblangin sahabat-deket-yang-paling-paling-deket gue sama seorang cowok, ga kelar kelar. Udah hampir 1 tahun gue ga bisa bisa juga nyomblangin. Sedih :” . Tapi intinya gitu lah perubahan gue.
Abis itu ada lagi. Gue yang dulu ga-pernah-mau-punya sahabat cowok, sekarang jadi punya. Sahabat loh bukan temen. Ada beberapa sih, tapi yang paling deket namanya Rivan. Dia tuh udah gue anggep kakak. Dan dia bener-bener punya sifat sebagai kakak yang baik :’) . Dia sering jadi tempat curcol gue, tempat pelampiasan kemarahan gue, tempat menuangkan ide, tempat bercanda gue, sampai tempat makan gue (ini becanda, serius). Ya begitulah intinya.
Dan masih banyak perubahan nyenengin. Misal, gue yang dulu ga berani pdkt-in cowok, sekarang begitu suka langsung pedekate-in. Gue yang dulu jarang nyatain perasaan ke cowok, sekarang selalu. Mau balesannya di marahin kek, disukain balik kek, diabaikan kek, yang penting gue jujur. Terus misalnya dulu gue gak peduli sama adek gue yang unyunya kelewatan sampe pingin gue gamparin terus yang bernama Faiz, sekarang gue sering curcol sama dia. Emang sih masih sering berantem. Kemaren aja gue ditonjok sampe memar u,u . Tapi tetep aja gue dan Faiz jadi lebih dekat. Abis itu dulu gue ga merhatiin penampilan gue. Mau ke mall pake piyama kek, ke mana-mana pake kaos kucel, sekarang gue berubah. Gue mulai merhatiin penampilan gue, mulai sering ngaca, mulai beli pelembab, body lotion, sabun muka, bedak, dan krim ini-itu. Gue mulai membuang pakaian masa kelam gue dan belanja baju yang kece. Gue jadi sering ke toko baju, dan toko sepatu. Kalo dulu mah boro-boro, gue kalo diajak ibu gue belanja baju, paling gue nguap terus tidur di kursi. Bangun-bangun ibu gue udah selesai. Terus, gue yang dulu suka nulis cerita di notebook tapi ga pernah ada yang selesai ceritanya, sekarang gue lebih sering nulis realita di blog gue tercinta ini:3. Dan masih banyak lagi deh, tak terhingga sepanjang masa~ (ga gitu juga kali).
Sekarang perubahan yang menyedihkan. Maaf kalo sedikit curcol.
Contohnya, ibu gue. Ibu gue yang dulu sering tukeran diary sama gue (So Sweet:’3), kini kita rada menjauh. Ibu gue asik sama dunianya sendiri, gue juga. Jarang banget kita Cuma berdua. Dulu ibu gue yang sering ngebela gue, sekarang malah sering marahin gue. Misalnya, gue baru baru ini ranking 2, ibu gue marah. Apa coba? Padahal rata-rata gue naik. Padahal gue udah usaha keras. Tapi gue malah dimarahin. Kurang sakit apa coba :”( . HP malah disita. Laptop juga. Sedih banget *galau* #curcol. Sekarang malah ayah gue yang sering belain gue. So sweet banget sih ayahandaku tercinta:’3 . Dia gak marah gue ranking 2, malah motivasiin gue. Dulu mah ayah gue pasti marah. Hm, people change.
Selain itu, temen-temen gue di sekolah. Gue dulu waktu kelas 2 SD pernah sahabatan sama A, B, C, D, E, F (sebut aja namanya gitu). Tapi sekarang? Mereka? Udah pergi entah ke mana. Sebenernya masih satu sekolah sama gue, tapi sekarang udah ga peduli sama gue lagi, gue Cuma dianggap sampah kali *galau*. Bahasa gue ternyata ea sekali. Terus ada banyak deh. Temen yang dulu baik sopan lemah lembut pintar dan ga-pernah-nyakitin-perasaan-gue-sama-sekali, sekarang berubah. Dia jadi rada jutek. Dan rada gimanaa gitu kebawa arus globalisasi. Ada lagi temen yang dulu pintar semangat hebat ramah dan adek kelas yang pertama kali gue sayangin soalnya dia ramah banget sama gue, sekarang jadi nyebelin banget. Dia juga jadi rada hmmm gitulahh.. Gue ga mau ngasih tau, ntar kalo orangnya liat, tersindir. Pokoknya jadi rada sok eksis. Yah gue gamau ngasih tau namanya.
Gue sedih sama perubahan orang-orang di sekitar gue yang negatif. Gue pengen banget balik ke masa lalu, masa di mana orang-orang di sekitar gue belom berubah. Tapi yaah mau gimana lagi. Bisakah waktu diputar ulang? *galau*. Tapi akhirnya gue mikir, kenapa gue gak mencoba menerima perubahan itu? Kenapa gue harus kesel? Mungkin mereka berubah karena alasan tertentu yang bukan urusan gue. Lagian, bagi orang lain, gue mungkin juga berubah secara negatif. Mungkin inilah akibat peralihan dari masa anak-anak ke dewasa. Ya, fase remaja. Jadi, gue coba untuk menerima. Yes, people change. Tapi gue ga akan menolak fakta itu. Gue akan mencoba untuk, menerima.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar