Visitor

Sabtu, 21 Juli 2012

Perjalanan Seorang Mak Comblang Part 1

Siapa bilang jadi mak comblang itu gampang? Susah cyn. Mak comblang itu ibaratnya satpam, harus ngejaga pasangan yang dicomblangin agar tetap aman dan damai. Harus jadi tampungan curcol orang yang dicomblangin. Pokoknya susah deh. Dan inilah perjalanan gue sebagai seorang mak comblang.
Awal-awal gue mulai mencomblangkan orang adalah saat kelas 7. Waktu itu gue nyomblangin sahabat gue, Bila, dan sang kudanya, Rivan. Ups salah, maksudnya sang kakandanya. Waktu itu lagi pelajaran apaaa gitu. Pokoknya belajarnya di lab. Gue nanya ke dia, “Orang yang ngebuat kamu gimana gitu siapa?”. “Maksud?” tanya Bila. “Orang yang ngebuat kamu suka... siapa?” tanya gue lagi. “Gatau. Kamu?” tanya dia. “Emmmm anak kelas ini, suka ngelawak.” Gue memberi klu. “Hah? B**A?” tebak Bila. “Iya, B**A” gue membenarkan (nama cowoknya gue sensor yeh, soalnya itu masa lalu kelam:” ...). Dan sejak itu gue ga pernah nanya lagi ke Bila tentang cowok yang dia suka. Gue pun hampir lupa sama pertanyaan itu, sampai suatu saat...
Apsi. Gue dan Bila sama-sama menjadi penonton. Apsi itu kayak pentas kelas gitu deh. Gue lupa waktu itu yang apsi siapa.. Pas lagi bosen-bosennya, si Bila nanya ke gue. “Sas, kamu dulu pernah nanya kan siapa orang yang bikin aku ngerasa gimana gitu?” tanya Bila dengan wajah sangat sangaaat... Sumringah. “O iya lupa.. Emang siapa Bil?” tanya gue. “Adalah orang. Anak 7-6. Tinggi item” kata Bila malu-malu (Dalem bil, sumpah. Kasian Rivan u,u).. “ASTAGAAA! RIVAN?? DEMI APA?!?!?!” tanya gue kaget dengan kehebohan tingkat tinggi. Gimana ga heboh, gue kan ga pernah melihat ‘kedekatan’ Bila dan Rivan. Bila mengangguk dengan senyum yang sumringah. Ni orang sumringah mulu dah gue aja lagi ga sumringah maksudnya galau. “GARA GARA APA?!” tanya gue. “Eum.. Beberapa hari ini dia pedekate Sas. Terus lama-lama aku jadi suka.”  Jelas Bila. “TERUS AKU BARU DIKASIH TAU SEKARANG GITU?!” tanya gue kaget. “Haha maafff.. Lupa.. Yang baru tau Cuma Amira sama Barsel kok” jelas Bila. Astaga gue merasa dibuang. Barsel aja tau masa gue engga? Sedih brohhh u.u .... Dan akhirnya, pada hari itu juga, gue dan Beti pada hari itu juga bertindak. Dengan semangat 45 dan bendera merah putih lusuh di tangan kita (salah deng), gue dan Beti memaksa Rivan untuk menembak Bila. Gini tugasnya: Beti maksa Rivan, gue ngejar Bila. Sumpah, gue tau, ini absurd banget. Gue nyuruh nyuruh Rivan padahal gue gak deket dan gak kenal sama orang itu. Dan sekarang? Gue sedang memperjuangkan cinta orang yang gak deket sama gue sama sekali. Ini saatnya gue harus bilang.. WOW!
Jadi maksa Bila tuh susah banget brohh.. Gue harus ngejar dia ke SD, harus narik-narik tasnya, harus punya 1001 alasan untuk mengajak dia ke lapangan belakang. “Bil temenin ke belakang yuk” ajak gue. “Hah? Ke toilet?” tanya Bila (gue inget banget pertanyaan absurd itu). “Bukan bocahh! Ke lapangan belakang” jawab gue. “Ngapain?” tanya dia. “Ya gapapa, jalan-jalan aja. Plisss plisss plisssss” mohon gue. “Eeh tapi mamaku di kantin Sas” kata Bila. “Ya udah bentar aja Bil.. Pliss...” paksa gue. “Iya deeh oke yuk” ajak Bila. Gue bersyukur. Lalu gue menuntun Bila ke lapangan belakang dengan hati-hati, agar dia tidak menabrak. Kan bahaya tuh kalo nabrak terus amnesia, nanti dia ga inget sama Rivan lagi. Ga tega gue:”p . Jadi setelah berhasil menyeret Bila ke halaman belakang, disitulah adegan penembakkan dimulai.
Datang sosok Rivan gagah perkasa sambil membawa golok. “HARTA ATAU NYAWA?!” teriak Rivan. “Ampun ampun nih uang saya” serah gue. Gue pun menyerahkan seluruh harta gue. “KURANG!!” bentak Rivan. “GAK ADA LAGI!” gue membalas bentak. Akhirnya gue dibunuh oleh Rivan.
Oke, tadi salah cerita. Jadi, datang sosok Rivan dengan penuh ke-lenje-an dan ke-lemah-lembut-an. “Bil” suara Rivan menggelegar bagai petir. Salah, suara Rivan sangat kecil sekali seperti suara tikus yang abis kejepit pintu. Bila menengok kaget. Gue kasian sumpah sama Bila, kan dia lagi ngeliatin gue sama Beti, tiba-tiba pas nengok ada sosok monster yang menyeramkan (Sumpah Van ini becanda. Peace gaul broh). “Aaapp appaaa?” tanya Bila radaa gagap gitu deh:p. Selanjutnya gue ga tau percakapannya, saking kecilnya suara Rivan. Padahal badan tinggi, gaya cool gitu yah, eeehhhh suara selembut tikus. Ya sudah, akhirnya gue tau kalo Bila dan Rivan sudah resmi.. JADIAN!! Gue dan Beti yang tadinya gelantungan di tiang akhirnya bersorak sorai gembira.
Waktu berlalu. Mereka tetap bahagia sentosa sejahtera. Gue inget banget dah demi apapun, kan ceritanya tanggal 8 November 2011 tuh, gue dan kelas gue Motivation ke Safari Lodge. Gue nanya ke Ripan lewat SMS, “Lu suka sama Bila gara-gara apa?”. Dan gue ga ngasih tau identitas gue. Terus debaaaat sampe akhirnya gue ngasih tau kalo gue itu malaikat pencabut nyawa. Ebuset bukan, gue ngasih tau kalo gue tuh Saskia. Dan akhirnya gue dan dia smsan deh di dalam minibus yang sedang menuju taman Safari. Itu awal pertemanan gue dan Rivan. Nah, di sebelah gue Bila. Eehhh gue ngeliat dia senyum-senyum sendiri coba sambil mainan HP. Udah gila tu anak. Dan ternyata... dia lagi bbman sama ripan. Fuuhh mending senyum doang, ini sampe nyengir nyengir. Dan akhirnya gue ikut-ikutan nyengir sambil smsan ama ripan. Gue juga gatau kenapa gue nyengir.
Dan semua berlangsung baik sampai ketikaa.. AAAA TIDAAAKK.. INI SEMUA SALAH GUE! Jadi tuh, aduh gue jadi sedih nihhh. Merasa bersalah banget. Jadi ceritanya suatu malam Rivan minta gombalan ke gue buat dikasih ke Bila. Gue kasih banyak tuuh... Eeeh tiba tiba Bila nelfon, katanya gasuka digombalin...  Inalillahi gue nyesel.
Terus kan pada waktu itu tanggan 14 November 2011. Sehari setelah ulang tahun Bila. Jadi tuh gue dan sobat-sobat gue menyiapkan kejutan untuk Bila pas pulang sekolah. Kue tart, siap. Piring garpu, siap. Sampe tepung pun, siap. Wuuhuu dan kebetulan Rivan ikut dalam proyek ini. Dan gue bener-bener ga nyangka, Bila mengatakan hal ini. Hal yang jika gue kasih tau ke Rivan, pasti menyakitkan. Gue bener bener sedih. Dia bilang gini:
“Sas, proyek nanti pulang sekolahh Rivan ikut ya? Aduh dia jangan ikut campur deeh ga usah ngapa ngapain. Males aku” L
Dan akhirnya saat proyeknya Bila dijalankan... Rivan menaburkan tepung ke Bila. Lalu gue diomelin Bila. Dan belakangan akhirnya.. Mereka putus pada hari itu juga. KURANG SAKIT HATI APA GUE?! Gue gatau ya putusnya gara-gara apa, tapi gue tetep nyesek brohh.. Merasa gagal.
*bersambung*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar